Cara Mengatasi Nyeri Sendi | Saran Ahli 2022

Nyeri Sendi

Cara Mengatasi Nyeri Sendi — itu bisa disembuhkanNyeri sendi (atau seperti yang disebut dengan cara lain – artralgia) adalah gejala penting dalam diagnosis banyak penyakit. Dialah yang pertama mengatakan bahwa perubahan serius dimulai di persimpangan tulang. Tidak selalu nyeri pada persendian disertai pembengkakan, kelengkungan, nyeri hebat saat diraba atau kemerahan. Pasien juga tidak mengeluhkan keterbatasan yang signifikan dalam mobilitas sendi besar. Itu juga terjadi bahwa bahkan pemeriksaan x-ray tidak memungkinkan Anda untuk melihat tanda-tanda peradangan. Tetapi ini tidak menjadikan nyeri sendi sebagai gejala yang tidak berbahaya: ini bisa menandakan lesi organik yang parah dan bahkan patologi yang tidak terkait dengan kondisi sendi itu sendiri.

Menurut statistik, nyeri tajam pada persendian lengan dan kaki mulai mengganggu setiap orang kedua di atas usia 40-50. Pada orang yang berusia di atas 70 tahun, penyakit pada sistem muskuloskeletal bahkan lebih umum — pada 90% kasus.

Penyebab Nyeri Sendi

  1. Perubahan usia.
  2. Latihan fisik.
  3. Penyakit.

Perubahan Usia

Penyebab nyeri sendi — Perubahan usia, latihan fisik, penyakit.Di antara kemungkinan penyebab nyeri adalah perubahan terkait usia pada persendian: jaringan tulang rawan menjadi lebih tipis dan kehilangan elastisitas, yang menyebabkan nyeri dan kekakuan gerakan. Juga semakin sedikit cairan sinovial yang diproduksi, yang mengisi “kapsul” di sekitar persimpangan tulang dan melumasi sendi. Akibatnya, permukaan artikular bisa mulai bersentuhan, dan sendi bisa aus. Tanpa perlindungan dan dukungan tulang rawan yang tepat, osteoartritis dan penyakit lain yang menyertai nyeri akut dapat berkembang.

Proses perubahan terkait usia pada persendian diperburuk oleh malnutrisi, tonus otot yang lemah, adanya cedera di masa lalu, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, atau, sebaliknya, aktivitas fisik yang berlebihan. Patut dicatat bahwa ketidaknyamanan pada persendian karena faktor usia sering meningkat di musim gugur dan musim semi.

Latihan Fisik

Peningkatan aktivitas fisik dapat dianggap sebagai alasan independen, di mana bahkan orang muda dapat mengalami sakit atau nyeri tajam pada persendian. Pelatihan intensif pada batas kemungkinan dan kerja fisik yang berat dalam satu atau lain cara memiliki dampak negatif pada sistem muskuloskeletal.

Bahkan tanpa adanya cedera, stres yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan aliran darah di membran sinovial yang mengelilingi sendi. Karena itu, tulang rawan berhenti menerima “nutrisi” dan menjadi lebih tipis tanpa kemungkinan regenerasi normal. Seringkali masalah seperti itu dihadapi oleh atlet profesional dan orang-orang dari profesi tertentu – pembangun, penambang, mekanik, dll.

Penyakit

Cara mengobati nyeri sendi — Ada beberapa caraBerbagai penyakit juga bisa “menabrak” persendian. Dengan demikian, nyeri sendi sering menegaskan adanya proses rematik di mana jaringan ikat tubuh terpengaruh. Dalam hal ini, sindrom nyeri diucapkan di pagi hari dan cenderung berkurang di malam hari. Seseorang merasakan ketidaknyamanan yang paling kuat pada persendian kecil tangan dan kaki. Di pagi hari, pasien sering menderita kenyataan bahwa ia tidak dapat segera bangun dan berjalan dengan cepat — tubuhnya terkekang.

Pada beberapa pasien, persendian terasa sakit setelah menderita penyakit radang sistem muskuloskeletal. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menunggu sampai ketidaknyamanan hilang dengan sendirinya. Jika nyeri paroksismal, timbul tiba-tiba, meningkat pada siang hari dan bertahan selama beberapa hari, sementara hanya satu sendi di jempol kaki yang sakit, dapat dicurigai artritis gout, di mana kristal asam urat menumpuk di struktur artikular.

Jika nyeri meningkat sangat lambat, proses inflamasi telah mempengaruhi daerah panggul, lutut, gejala meningkat selama pekerjaan fisik dan mereda pada malam hari, maka diagnosis dugaan adalah “osteoartritis deformasi”. Penyakit menular juga merupakan salah satu penyebab nyeri sendi, misalnya setelah penyakit usus, seseorang mungkin mengalami ketidaknyamanan di mana semua sendi tubuh terasa sakit. Mobilitas di dalamnya dipertahankan, tetapi gejala yang tidak menyenangkan berlangsung selama beberapa hari.

Daftar Penyebab Nyeri Sendi Yang Kurang Umum

  • ketergantungan cuaca;
  • keracunan logam berat;
  • penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang;
  • reaksi pasca alergi;
  • gangguan psikosomatik.

Diagnosis Nyeri Sendi

Untuk memahami mengapa persendian kaki dan lengan sakit, Anda perlu menemui dokter. Dokter meresepkan serangkaian prosedur diagnostik kepada pasien. Untuk mulai dengan, tes laboratorium diberikan:

  1. Analisis darah umum. Ini memungkinkan untuk mendeteksi penyimpangan, dengan mempertimbangkan sifat lesi sendi dan tingkat keparahannya.
  2. Kimia darah. Dalam peradangan sendi, mereka melihat tingkat protein C-reaktif, fibrinogen, protein total, seromucoid, reaksi difenilamin, serta beberapa indikator lain yang mengkonfirmasi diagnosis rematik.

Cara Mengobati Nyeri Sendi

Nyeri sendi dapat disembuhkan — jika Anda mengetahui penyebab nyeri iniPengobatan artralgia akan efektif hanya jika dokter mengetahui penyebab gejalanya, menentukan penyakit apa yang disinyalirnya. Untuk meredakan peradangan, pasien dapat diresepkan:

  • kondoprotektor – memperlambat perkembangan osteoartritis, membantu mencegah proses penghancuran tulang rawan, mengurangi peradangan;
  • obat antiinflamasi nonsteroid – menghilangkan rasa sakit, mencegah penyebaran reaksi inflamasi, menormalkan suhu tubuh;
  • relaksan otot – dirancang untuk meminimalkan kekakuan otot rangka;
  • obat antibakteri – digunakan untuk radang sendi yang bersifat menular;
  • kompleks vitamin-mineral – untuk fungsi normal sendi dan pemulihannya yang cepat, diperlukan vitamin D, A, E, C, kelompok B. Kalsium, magnesium, dan selenium juga penting;
  • obat hormonal – steroid – digunakan untuk peradangan parah dan parah, dengan tidak adanya efektivitas pengobatan dengan obat non-steroid.
  • Bersamaan dengan minum pil, pemberian obat intramuskular dan intravena, pasien dapat diberi resep salep dan krim penghangat, analgesik dan anti-inflamasi, seperti Motion Free, informasi tentang yang dapat Anda temukan di sini.

Ulasan produk di Indonesia — Anda dapat mempelajari banyak informasi berguna Jika rasa sakit yang menyakitkan tak tertahankan, adalah mungkin untuk melakukan blokade ujung saraf. Selama prosedur, obat kuat digunakan yang membantu melupakan gejala nyeri untuk sementara waktu.

Perawatan tambahan untuk nyeri sendi meliputi:

  • latihan fisioterapi;
  • pijat;
  • terapi manual;
  • mekanoterapi;
  • traksi sendi dengan bantuan peralatan khusus;
  • diet.

Dari prosedur fisioterapi, pasien ditunjukkan:

  • terapi gelombang kejut;
  • terapi laser;
  • fonoforesis;
  • myostimulasi;
  • magnetoterapi dan lain-lain.

Kesimpulan

Untuk menghindari kerusakan pada persendian, Anda perlu memberi perhatian maksimal pada nutrisi yang tepat. Semua vitamin dan mineral yang diperlukan harus ada dalam makanan sehari-hari. Anda harus menolak junk food, membatasi konsumsi daging hingga 2-3 kali seminggu dengan beralih ke hidangan ikan – ini memiliki efek positif pada fungsi sistem muskuloskeletal. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang produk alami yang dapat membantu dalam menjaga dan mencegah tubuh, maka Anda dapat membaca ulasan produk di Indonesia ini. Di sini Anda akan menemukan banyak informasi berguna.

Oundaw